Review The Magic Library

The Magic Library - Perpustakaan Ajaib Bibbi Boken
by Jostein Gaarder and Klaus Hagerup


The first review!! wkwkwk
Oke, this is the first book of Gaarder yang aku baca. Sebenarnya, dari dulu udah tau yang Dunia Shopie, but ga pernah mau baca. Aku belum tertarik. Soalnya "katanya" isinya tentang filsafat-filsafat and I actually did not interest about it. Mungkin nanti akan ada ketertarikan sendiri seiring berjalannya waktu. tsah~

Back to the main, sampulnya bagus! HAHAHAHA *oke, ini ga penting* Buku ini bercerita tentang dua sepupu, Nils dan Berit yang tinggal berbeda kota dan memilih untuk berkomunikasi melalui buku-surat. Berbeda dengan komunikasi pada umumnya, sebuah buku kosong mereka tulisi sebagai media berkirim pesan. Nils menuliskan pesannya di halaman kosong buku tersebut, kemudian mengirim buku tersebut kepada Berit. Berit kemudian membalas pesan Nils di halaman selanjutnya di buku tersebut kemudian mengirimnya kembali ke Nils. Begitu seterusnya. Unik!

Di sisi lain, ada seorang wanita bernama Bibbi Bokken yang ternyata mengincar buku-surat mereka. Mereka pun akhirnya memulai penyelidikan dan mencari tahu tentang Bibbi Bokken yang belakangan mereka curigai sedang terlibat dalam sebuah pembangunan perpustakaan ajaib dan sebuah buku yang akan diterbitkan. Sayangnya, seorang pria berkepala plontos dengan senyum yang menakutkan juga mengincar buku-surat mereka. Nils dan Berit menjulukinya sebagai Mr.Smiley karena senyumnya yang begitu mengerikan.

Lantas apa hubungan antara Bibbi Bokken dan Mr. Smiley? Apakah benar mereka sedang berada dalam suatu konspirasi mengenai perbukuan seperti yang dipikirkan kedua sepupu tersebut? Lalu, apa pula alasan Bibbi Bokken dan Mr. Smiley mengincar buku-surat mereka? Apa yang istimewa dalam buku-surat tersebut? Berhasilkah Nils dan Berit menemukan perpustakaan ajaib Bibbi Bokken?

Gaarder dan Klaus membagi buku ini menjadi dua bagian. Pada bagian awal buku, ia menampilkan isi surat Nils dan Berit secara bergantian. Barulah dibagian kedua buku ia menyajikan petualangan Nils dan Berit dalam mengungkap fakta mengenai Bibbi Boken, Perpustakaan Ajaib dan buku-surat mereka. Harus ku akui, aku sedikit bingung dengan penggunaan sudut pandang dalam buku ini. Ya, mereka menggunakan sudut pandang orang pertama. Nils dan Berit. Jika kalian membaca buku ini, kalian harus sedikit lebih jeli untuk mengetahui perpindahan sudut pandang antara Nils dan Berit, sebab tak ada tanda yang mengisyaratkan bahwa sudut pandangnya telah berganti.

Beberapa catatan kaki juga sangat membantu dalam menjelaskan hal-hal yang tergolong awam. Namun sayangnya, beberapa kalimat bahasa asing tak dilengkapi dengan terjemahan:( Oh iya, selain diajak berfantasi dengan petualangan Nils dan Berit, sangat banyak informasi mengenai buku yang tertuang di dalam buku ini. Klasifikasi Desimal, sejarah mengenai alfabet, sejarah buku, drama, Anne Frank, Winnie The Pooh dan, daaaaaan masih banyak lagi. Aku dapat katakan bahwa ini adalah buku yang berbicara tentang buku (?) Tapi, ya memang seperti itu adanya.


Informasi Buku

Judul buku : The Magic Library - Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken.
Judul Asli : Bibbi Bokken Magische Bibliothek
Pengarang : Jostein Gaarder dan Klaus Hagerup
Tahun terbit : 2016
Penerbit : PT Mizan Pustaka

Sinopsis:

Pembaca yang baik,
Buku di tangan Anda ini benar-benar unik. Susah menggambarkan isinya. Tapi, kira-kira seperti ini:

Dua saudara sepupu, Berit dan Nils, tinggal di kota yang berbeda. Untuk berhubungan, kedua remaja ini membuat sebuah buku-surat yang mereka tulisi dan saling kirimkan di antara mereka. Anehnya, ada seorang wanita misterius, Bibbi Bokken yang mengincar buku-surat itu. Bersama komplotannya, tampaknya Bibbi menjalankan sebuah rencana atas diri Berit dan Nils. Rencana itu berhubungan dengan sebuah perpustakaan ajaib dan konspirasi dunia perbukuan. Berit dan Nils tidak gentar, bahkan bertekad mengungkap misteri ini dan menemukan Perpustakaan Ajaib.

Buku ini juga berisi cerita detektif, misteri, perburuan harta karun, petualangan ala lima sekawan. Astrid Lindgren, Ibsen, Klasifikasi Desimal Dewey, Winnie The Pooh, Anne Frank, kisah cinta, korespondensi, teori sastra, teori fiksi, teori menulis, puisi, sejarah buku, drama, film perpustakaan, penerbitan, humor, konspirasi...

Komentar